19 May 2009

APBS Beberapa Sekolah Belum Disahkan


Kebumen - Lanthing.

Dua bulan lagi tahun pelajaran 2008/2009 akan berakhir, namun Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) di beberapa sekolah belum disahkan oleh Dinas Dikpora. Di SMP Negeri 1 Adimulyo misalnya, APBS sekolah ini hingga berita ini diupload belum juga disahkan Dinas Dikpora. Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Bupati Tentang APBS, APBS SLTP dan SLTA disahkan oleh Dinas Dikpora, sedangkan APBS SD disahkan oleh UPT Dinas Dikpora Kecamatan.

Kepala SMP Negeri 1 Adimulyo, Markus Kuwat, S.Pd., yang ditemui kontributor Lanthing di rumahnya menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat APBS namun sebagian isinya oleh Inspektorat Kabupaten (Bawasda) dianggap keliru, karena tetap menganggarkan pos-pos anggaran untuk honor kepala sekolah, honor kepala urusan (waka), honor wali kelas dan sejenisnya.
"Kami membuat APBS di awal tahun pelajaran, saat itu belum terbit peraturan bupati tentang index pembiayaan sekolah, sehingga kami membuat index sendiri dengan sepersetujuan komite sekolah. Hal ini dianggap salah oleh Inspektorat" ujar Markus.
Lebih lanjut Markus menjelaskan bahwa pihaknya enggan melakukan revisi APBS mengingat tahun pelajaran 2008/2009 akan segera berakhir.
"Ngesuk bae sisan tahun 2009/2010" imbuh Markus.

Ada Masalah Dalam Aturan

Seorang staf Dinas Dikpora bagian Perencanaan, Purnowati, S.IP. M.Si., yang dikonfirmasi melalui telpon membenarkan bahwa masih ada beberapa masalah dalam peraturan bupati tentang APBS termasuk index standar biayanya. Pihaknya kini tengah mengajukan usulan revisi perbup ke Bupati.
"Memang masih ada perbedaan pandangan dalam tim revisi, khususnya tentang pos-pos seperti honor kepala sekolah, wali kelas dan sejenisnya" terang Purnowati.
"Untuk SLTA masih memungkinkan karena SLTA masih boleh memungut SPP/IDOS, tapi untuk SD dan SMP yang menggunakan BOS dan tidak boleh lagi memungut SPP, tidak dimungkinkan. Hal ini karena dalam aturan BOS pos-pos semacam itu tidak ada" tambah Purnowati.

0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial