09 July 2009

Fenomena Genuk

Gombong - Sakobere.

[Anda yang bukan orang Jawa, saya beritahu Genuk adalah wadah beras terbuat dari gerabah. Nama 'Genuk' pun sering dipakai orang Jawa untuk memberi paraban anak perempuan mereka. Tidak jelas mengapa demikian].

Sejak terbit Peraturan Bupati Kebumen Nomor 22 Tahun 2008 tentang APBS, yang melarang pos kesra guru dan karyawan dan pos-pos sejenisnya dianggarkan dalam APBS, banyak sekolah (kalau tak mau dikatakan semua sekolah) kebingungan - atau pura-pura bingung alias mbingungi. Buktinya, ketika BOS naik sejak Januari 2009, hanya 5 (lima) dari lebih dari seratus SMP yang membuat perubahan APBS (keterangan dari Bagian Perencanaan Dinas Dikpora).

Dalam APBS, khususnya SMP, SMA, SMK, pos-pos kesra untuk guru dan karyawan dan pos-pos sejenis selalu tertera. Honor kepala sekolah, honor wakil kepala sekolah, honor wali kelas, pos seragam guru-karyawan dapat dipastikan tertera dalam APBS. Pun pos-pos sosial lain, seperti biaya takziah kalau ada keluarga guru-karyawan yang meninggal, biaya muyi alias bayen, dan berderet biaya-biaya lain termasuk biaya amplop ketika pengawas datang. Kini, semua pos-pos itu tidak mungkin masuk APBS sebab jelas tidak ada pos itu dalam Perbup 22/2008.

Sebab nyaris tidak mungkin menghapus budaya takziah bersama, muyi bersama, dan sebangsanya. Sama sulitnya membiarkan membiarkan para pengawas sekolah pulang tanpa disangoni amplop.

Pertanyaannya : kalau dalam pos APBS tidak tertera, lantas dari mana dana untuk pengeluaran pos kesra tersebut?
Jawabnya : Pendanaan untuk pos kesra berasal dari 'Genuk' sekolah. Bingung?

Sudah jamak diketahui, bahwa hampir tiap sekolah memiliki dana taktis atau dana non budgeter alias genuk. Dana inilah yang selama ini digunakan untuk membiayai kegiatan atau pengeluaran yang tidak memungkinkan diterakan dalam APBS. Contohnya dana untuk nyangoni pengawas atau pejabat Dinas yang datang ke sekolah. Pos ini jelas tidak mungkin dicantumkan dalam APBS, maka isi genukpun dikeluarkan untuk ini.

Genuk diisi dari mark up beberapa kegiatan dan pendapatan-pendapatan lain. Bentuk dan jenisnya beragam, mulai dari model dobel anggaran (satu kegiatan dianggarkan dari dua pos), hingga bathen pengadaan buku, seragam siswa, hingga bathen study tour siswa.
............
kita lanjutkan esok.

0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial