20 April 2009

Pengawas Satuan Pendidikan 'Udud' Saat UN


Gombong - Lanthing.

Ujian Nasional (UN) SLTA hari pertama, senin 20 April 2009 berjalan relatif lancar. Ujian Nasional hari pertama di SMA mengujikan dua mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia (jam 08.00 s.d. 10.00) dan Biologi untuk jurusan IPA/Sosiologi untuk jurusan IPS ( jam 11.00 s.d. 13.00). Selanjutnya tiap hari hanya mengujikan satu mapel mulai jam 08.00 s.d. 10.00. Menurut jadwal UN SLTA akan berlangsung hingga hari jum'at 24 April 2009.

Menurut kontributor Lanthing yang ikut terlibat sebagai pengawas ruang di SMA Muhammadiyah Gombong, walaupun ada sedikit hambatan, pelaksanaan UN relatif lancar. Pengiriman soal dari subrayon di SMA Negeri Gombong ke sekolah penyelenggara SMA Muhammadiyah Gombong misalnya, nyaris terlambat. Tepat ketika bel berdentang tanda pengawas ruang masuk ruang ujian bersamaan dengan datangnya soal.
Menurut Kepala SMA Muhammadiyah Gombong. Nur Chafid, S.Pd., dari 260 peserta UN di SMA Muhammaddiyah Gombong, sebanyak 41 peserta merupakan peserta UN yang tahun sebelumnya belum lulus.
Seperti diketahui syarat untuk lulus UN 2009 adalah mencapai nilai rata-rata 5,50 dan hanya boleh ada nilai 4,00 untuk dua mapel.

Pengawas Satuan Pendidikan Udud

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengawasan tidak saja dilakukan oleh Pengawas Ruang yang bertugas di dalam ruang ujian, untuk pelaksanaan UN di tiap sekolah penyelenggara diawasi pula oleh Pengawas Satuan Pendidikan (tahun sebelumnya disebut Pemantau Independen). Di SMA Muhammadiyah Gombong sebagai petugas Pengawas Satuan Pendidikan adalah Imam Suranto, yang mengaku dosen PGSD UNS Kebumen.
Namun kinerja Pengawas Satuan Pendidikan di SMA Muhammadiyah Gombong ini sempat dirasani beberapa Pengawas Ruang karena terlihat merokok saat berada di ruang soal.
"Ya ... sebaiknya tidak merokoklah, itu bukan saja tidak etis, tapi melanggar PP berapa itu ...?" kata seorang Pengawas Ruang.


Lihat : PP 19 Tahun 2003 Tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan (khususnya pasal 22 dan 23)

1 Comment:

Anonymous said...

Sakobere, sageleme, sekarepe, ...... sakarepku

 
©  free template by Blogspot tutorial