21 April 2009

'Pemantau Independen' UN Diprotes Pengawas Ruang

Gombong - Lanthing.

Petugas Pengawas Satuan Pendidikan (dulu namanya Pemantau Independen) Ujian Nasional (UN) di SMA Muhammadiyah Gombong diprotes Pengawas Ruang. Drs. Rahmat Priyono, MM, seorang Pengawas di ruang XIV memprotes seorang Pengawas Satuan Pendidikan, karena menarik sisa soal UN dari ruangannya. Penarikan sisa soal UN dilakukan oleh seorang Pengawas Satuan Pendidikan, Imam Suranto, saat hari pertama UN (20/04/09).Penarikan sisa naskah soal UN dari ruang UN dianggap Rahmat sebagai kecurigaan berlebihan terhadap Pengawas Ruang, dan menyalahi prosedur.

Rahmat menunjukkan bahwa dalam Panduan Pengawas Ujian Nasional 2008/2009 huruf m dinyatakan : kelebihan naskah soal yang tidak terpakai dimasukkan kedalam amplop naskah soal dan tetap disimpan di ruang UN.
Menanggapi protes ini Pengawas Satuan Pendidikan, Imam Suranto, mengatakan bahwa langkah penarikan yang dilakukannya sesuai pengarahan Tim Pengawas Satuan Pendidikan UN dalam rapat di STIE Putra Bangsa. Namun akhirnya Imam Suranto menyerah dan mengatakan sepakat untuk sesuai prosedur yang ada, seraya mengingatkan agar peserta UN diminta tetap berada di ruang UN hingga bel selesai, walaupun peserta telah selesai mengerjakan soal.

Sementara Kepala SMA Muhammadiyah Gombong, Nur Chafid, S.Pd. menyatakan bahwa Panitia tidak mempunyai wewenang dan alasan untuk menarik (sisa soal - Red). Selanjutnya Nur Chafid menyarankan untuk sesuai panduan yang ada.

Pelaksanaan UN hari kedua lebih lancar dari hari pertama. Naskah soal datang lebih dinì, namun Petugas Pengawas Satuan Pendidikan tetap saja merokok di ruang soal.


3 Comments:

Anonymous said...

Salam kenal di dunia merdeka

Anonymous said...

Sekedar info: Namanya bukan Tim Pemantau UN tapi Pengawas Satuan Pendidikan. Saya bingung kok ada Slamet itu siapa? Tukang kebon apa?

Anonymous said...

mbiyen jenenge murid alias siswa, siki jenenge peserta didik; gemiyen jenenge sekolahan, siki jenenge satuan pendidikan; tahun winginane jenenge tim pemantau, siki jenenge pengawas satuan pendidikan ... lah padha baen. Ya bener slamet jebule tukang kebon, kayane sing bener Imam Suranto. Ana ora dosen PGSD Kebumen sing jenenge Imam Suranto? rambute slodok, gering, nganggo kacamata, udude nglepus ...

 
©  free template by Blogspot tutorial