23 April 2009

Anak Rawan Dieksploitasi

Gombong - Lanthing.

Terdapat indikasi kuat penyalahgunaan anak (child abuse) dan eksploitasi anak. Demikian terungkap di hari pertama lokalatih 'Partisipasi Anak' di Benteng Van der Wijck Gombong (23/04/09). Lokalatih yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Pemkab Kebumen ini didukung Plan Kebumen dan CIDA (Canadian International Development Agencies), akan berlangsung hingga sabtu (25/04/09).


Indikasi child abuse dan eksploitasi pada anak sangat beragam, mulai eksploitasi ekonomi, seksual, emosional, hingga penelantaran. Pun tindak kekerasan pada anak masih terus terjadi, seperti diglitho hingga disodomi.
Forum juga memprihatinkan masih terus terjadinya pelbagai perlakuan salah, baik yang terjadi di lingkungan keluarga, di sekolah, dan di masyarakat, seperti orang tua yang suka membanding-bandingkan anak, pilih kasih, memberi stempel (stigma) buruk terhadap anak, dan berbagai praktek bullying di sekolah.
Forum berharap, di masa datang anak tidak boleh lagi hanya dijadikan objek semata, namun anak adalah subjek. Prinsip yang terbaik bagi anak (the best interest for the child) harus menjadi paradigma baru masyarakat kita.



0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial