29 January 2008

SAKOBERE-Plan, akan adakan Workshop UBR

Gombong, Januari 2008 - Majlis SAKOBERE bekerjasama dengan Plan Program Unit Kebumen, dalam waktu dekat akan mengadakan berbagai kegiatan berkait Kampanye Pencatatan Akta Kelahiran (Universal Birth Registration, UBR) dalam kerangka perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.
Seperti diketahui berdasarkan data UNICEF, 6 diantara 10 anak Indonesia belum tercatat kelahirannya (baca : belum memiliki akta kelahiran). Kondisi yang sungguh memprihatinkan. Sementara di Kebumen, walaupun sudah memiliki Perda No. 50/2004 yang menggratiskan pengurusan akta kelahiran - namun faktanya masih ada sekitar 80.000 anak yang belum memiliki akta kelahiran.
Kepala Kantor Catatan Sipil dan Kependudukan Kebumen, mengatakan bahwa anak-anak yang belum memiliki akta kelahiran akan dirampungkan tahun 2008 ini.
Maka dalam rangka itulah Majlis SAKOBERE dan Plan PU Kebumen, mencoba membantu dan bekerjasama untuk mencapai target ini.

Rencananya kegiatan akan terbagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah pelatihan untuk anggota KOMPAK (komunitas Peduli Anak Kebumen) dan beberapa anak lain, sekitar 30 anak. Tahap kedua adalah pelatihan UBR untuk guru-guru (3 tahap : wilayah barat, tengah, dan timur). Tahap ketiga Sosialisasi UBR oleh anak untuk anak, dan Tahap empat adalah Kampanye menggunakan media radio, TV dan leaflet.

Anda mau ngikut ?



0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial