30 January 2008

Bookwatch : SEKOLAH ITU CANDU

Judul : Sekolah itu candu
Penulis :
Roem Topatimasang
Penerbit : Pustaka Pelajar offset, Yogyakarta
Tebal : 139 halaman


Bagi Anda yang tidak terbiasa berpikir merdeka, jangan sekali-sekali mencoba membaca buku ini. Perut Anda akan mules! Karena bukan saja berisi ejekan-ejekan sarkastis pada institusi bernama sekolah, namun bahkan mempertanyakan substansi sekolah itu sendiri.

Coba simak : sesuatu dikatakan sudah “mati” kalau tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. “Orang mati” adalah orang yang tak lagi berfungsi sebagai orang. “Kota mati” adalah kota yang tak lagi berfungsi sebagai kota. “Lampu mati” adalah lampu yang tak lagi berfungsi sebagai lampu .......dan seterusnya. Lha, kalau sekolah? (Sekolah Sudah Mati, hal. 105).
Atau analisis penulis terhadap ungkapan George Bernard Shaw : He who can, does! He who cannot, teaches! He who cannot teach, takes up research! He who fails at all these, write textbook! (Dia yang bisa, kerjakan! Dia yang tak bisa, ajarkan! Dia yang tak bisa ngajar, bikin penelitian, Dia yang gagal dalam semuanya, tulis saja buku pelajaran!). Bisa-bisa Anda sebagai guru akan tersinggung berat.

Tentu saja sebaliknya, bila Anda seorang yang suka sok prihatin terhadap kondisi sekolah, maka Anda wajib membaca buku ini sampai tuntas ...tas...tas. Tapi Anda pun harus siap-siap menerima dampak buruk, selesai Anda membaca buku ini, kepercayaan Anda terhadap sekolah menjadi luntur!

Buku ini sebenarnya merupakan kumpulan tulisan dari seorang mahasiswa IKIP Bandung era 70an. Roem Topatimasang, sang penulis, lebih banyak menggunakan waktunya untuk berdiskusi dan berdemonstrasi ketimbang kuliah, hingga masuk tahanan militer (1978-1979) dan akhirnya resmi dipecat sebagai mahasiswa (1980) karena nekad menjabat sebagai Ketua Dewan Mahasiswa yang resmi dinyatakan sebagai ‘organisasi terlarang’ saat itu.

( d_224@plasa.com )

0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial