14 February 2009

Bupati Kebumen Tegaskan Sikap Berkait BOS 2009


Kebumen - Lanthing.

Bupati Kebumen, KH. M. Nashirudin Al Mansur, melalui surat nomor 422.4/07 tertanggal 15 Januari 2009, menegaskan bahwa kecuali SBI dan RSBI semua SD/MI dan SMP/MTs negeri maupun swasta mulai tahun 2009 tidak boleh lagi memungut biaya operasional kepada peserta didik. Surat Bupati Kebumen ini merupakan tindaklanjut dari surat Mendiknas nomor 186/MPN/KU/2008 tentang BOS 2009, yang isinya menegaskan tentang kenaikan BOS 2009 sebesar rata-rata 50% dan larangan bagi sekolah penerima BOS memungut biaya operasional (SPP).

Dalam surat yang sama Bupati Kebumen juga menugaskan kepada para Kepala UPT Dikpora di tiap kecamatan agar melakukan sosialisasi terhadap program BOS 2009.

Dikonfirmasi tentang surat Bupati ini, Kepala UPT Dikpora Kecamatan Buayan, Tukijan, mengaku belum menerima surat itu, sehingga dirinya belum bisa berkomentar.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Karanganyar, Parmin, S.Pd., mengatakan bahwa dalam rangka menindaklanjuti surat Bupati Kebumen, sekolahnya telah melakukan rapat dengan orangtua/wali, dan memutuskan untuk tidak lagi memungut SPP. Adapun SPP bulan Januari 2009 yang telah telanjur dipungut akan dikembalikan kepada orang tua.
"Sebelumnya kami memungut SPP Rp. 35.000 per bulan, mulai sekarang kami membebaskan SPP" ujar Parmin.
"Sebenarnya kalau kami membebaskan SPP, dengan program seperti tahun lalu, kami minus 87 juta rupiah. Ketika hal ini kami tanyakan kepada Kepala Dinas Dikpora, beliau menyatakan bahwa jangan berharap bantuan APBD, tapi harus melakukan efisiensi" tambah Parmin.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala SMP Negeri 3 Karanganyar, Mukhrisun, mengatakan "Kami sudah menjalankan surat Mendiknas dan Bupati, untuk tahun 2009 ini IDOS (Iuran Dana Operasional sekolah) kami nol alias bebas SPP. Yang menjadi masalah ini sekarang tentang kesra atau honor walikelas, waka urusan, dan lain-lain, karena BOS melarang digunakan untuk kesra guru. Di sekolah kami wali kelas dan waka urusan harus buat program dan dilaksanakan, nah dari situlah para guru memperoleh tambahan honor"

Informasi yang diperoleh kontributor Lanthing, pembebasan SPP di SMP dan di SD sudah berjalan, hanya tentang teknik pengembalian SPP bulan Januari 2009 yang bervariasi. Sebagian sekolah akan mengembalikan SPP, namun ada juga sekolah yang menjadikannya tabungan siswa.

0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial