15 October 2008

Kurang Peminat, Pendaftaran Seleksi Kepala Sekolah Diperpanjang

Kebumen - Lanthing

Disebabkan kekurangan peminat, masa pendaftaran seleksi calon kepala sekolah yang semestinya diumumkan hari ini (15/10/08) diperpanjang sampai dengan tanggal 18 Oktober 2008 guna memberi kesempatan yang lebih leluasa kepada para calon pendaftar kepala sekolah. Selanjutnya ujian tulis dan psikotest direncanakan tanggal 21-22 Oktober 2008, dan dilakukan oleh LPMP Jawa Tengah.
Diharapkan dengan perpanjangan masa pendaftaran dapat menambah jumlah peminat kepala sekolah yang mendaftar. Demikian disampaikan pihak Panitia Seleksi Calon Kepala Sekolah. Turiman, SH seorang panitia seleksi yang juga staf Badan Kepegawaian dan Diklat Daerak Kab Kebumen(BKDD) menginformasikan bahwa sampai dengan tanggal 15 Oktober 2008 jumlah pendaftar calon kepala SD sebanyak 50 orang, sementara posisi kepala SD yang kosong sebanyak 77. Bahkan beberapa wilayah seperti UPTD Sempor, Petanahan, Adimulyo, Karanganyar, dan Buayan tidak mengajukan calon Kepala SD sama sekali.

Sementara kondisi berbeda terjadi untuk pendaftar kepala SMP dan SMA. Hingga 15/10/08 pendaftar untuk Calon Kepala SMP sebanyak 60 orang dari 7 lowongan kepala SMP, dan pendaftar untuk calon Kepala SMA sebanyak 19 orang dari 4 lowongan kepala SMA.

Berdasarkan pantauan kontributor Lanthing, minimnya minat guru untuk mendaftar menjadi calon kepala SD disebabkan kecilnya penghargaan (baca : tunjangan) bagi kepala SD. Sebuah sumber menyatakan bahwa tunjangan untuk seorang kepala SD Negeri sebesar Rp. 125.000 /bulan. Jumlah ini dianggap tidak sebanding dengan beban tugas dan tanggungjawab yang harus diemban. Faktor lain adalah ketakutan calon Kepala SD bila ditempatkan di daerah terpencil, disamping faktor masa jabatan kepala sekolah yang hanya 4 tahun dan maksimal 8 tahun (dua kali masa jabatan).

 
©  free template by Blogspot tutorial