31 October 2009

Beberapa Sekolah Menolak Ulangan Umum Bersama

Kebumen - Sakobere.

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP (MKKS SMP) dalam rapatnya tanggal 9 Oktober 2009 berencana menggelar Ulangan Umum atau ulangan semester secara bersama (UUB) pada tengah semester mendatang. Materi UUB meliputi mata pelajaran yang di UN kan, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). MKKS memungut Rp. 7.000/murid untuk kegiatan UUB yang hanya dikhususkan untuk kelas 9 ini.
Pelaksanaan Ulangan Umum Bersama (UUB) yang diselenggarakan oleh MKKS (atau dulu K3S, Kelompok Kerja Kepala Sekolah) selama ini mendapat sorotan berbagai pihak karena dianggap bertentangan dengan Kalender Pendidikan (Kaldik). Dalam Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah dalam Bab VII Pasal 12 ayat (1) dinyatakan bahwa Pada akhir semester 1 tidak dilaksanakan ulangan umum. Dalam pasal 13 ayat (1) dinyatakan pula bahwa Ulangan harian dan ulangan umum merupakan tugas dan tanggungjawab guru yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Namun keputusan MKKS bakal menggelar UUB ini mendapat tentangan sebagian anggotanya. Beberapa kepala sekolah menyatakan tidak akan mengikuti program UUB. Informasi yang diperoleh kontributor SAKOBERE, sekolah-sekolah yang menolak program UUB diantaranya SMPN 1 Karanganyar, SMPN 1 Sempor, SMPN 1 Buayan, SMP PGRI Buayan, SMPN 1 Adimulyo, SMPN 1 Karanggayam, SMP Taman Dewasa Karanganyar.
Sekretaris YPLP PGRI, Eddi Sayogyo, mengatakan bahwa dirinya tidak setuju dengan pelaksanaan UUB ini karena bertentangan dengan kalender pendidikan.
"Program UUB selama ini tidak efektif, bahkan beberapa tahun lalu UUB yang diselenggarakan oleh MKKS dan sebuah lembaga bimbingan belejar bocor, dan hingga hari ini tidak ada yang mau bertanggungjawab" tegas Eddi.

Kontroversi pelaksanaan UUB di Kebumen terjadi sejak lebih lima tahun lalu, bahkan sempat menyeret seorang mantan Ketua K3S, di kursi pengadilan dan dijatuhi hukuman penjara.

0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial