09 September 2009

SAKOBERE Akan Gelar Diskusi Serial Tentang MOS

Kebumen - Sakobere.

Majlis Obrolan Merdeka 'ORA SAKOBERE' (Organisasi Rakyat Saluran Komunikasi Bersama Reformasi Pendidikan) berencana menggelar diskusi serial tentang Masa Orientasi Siswa (MOS). Keputusan menggelar serial diskusi diambil kemarin siang (08/09/2009) ketika beberapa pentolan SAKOBERE berkumpul di kantor Plan PU Kebumen. Tampak hadir pada pertemuan singkat di siang bolong itu, ketua suku Sakobere, Agus Purwanto, Drs. Wahyudi yang urusan kurikulum RSBI, juga Gus Adman dari SMP Sempor, Drs. Aris Prabowo yang guru Bahasa Jawa dari Kutowinangun, dan Pak Mantri Mukhrisun dari SMP Negeri 3 Karanganyar, juga CTA Plan PU Kebumen, Suranto.


Obrolan singkat siang itu menyimpulkan bahwa Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan waktu yang sangat menentukan bagi siswa dalam menunjang keberhasilan pendidikan, sekaligus menentukan keberhasilan siswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Majlis juga memvaca indikasi tentang tidak jelasnya 'aturan main' tentang MOS sehingga MOS bisa menimbulkan hal-hal yang kontraproduktif seperti halnya terjadinya tindakan kekerasan dan praktik-praktik perpeloncoan terhadap siswa baru.
Majlis kemudian memutuskan perlu adanya pemetaan sederhana berkait pelaksanaan MOS selama ini yang dilanjutkan dengan diskusi-diskusi stakeholder. Output serial diskusi diharapkan memunculkan draft 'panduan MOS' yang lebih ramah anak sebagai bahan masukan untuk Dinas Dikpora.
Serial diskusi ini mendapat dukungan penuh dari Plan PU Kebumen.

Sebelumnya, seorang staf Perencanaan Dinas Dikpora, Purnowati, yang dihubungi melalui layanan pesan singkat menyatakan bahwa pihaknya menyambut positif bila ada masukan masyarakat tentang MOS.
"Saya sudah menghubungi Pak Sigit dan Pak Khumroni, beliau dengan senang hati menyambut kegiatan ini" ujar Purnowati dalam sms-nya.



0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial