10 March 2008

Pelatihan UBR KOMPAK


Selama hampir tiga hari, jumat hingga ahad, 7 - 9 Maret 2008, anak-anak yang tergabung dalam Komunitas Peduli Anak Kebumen (KOMPAK) mengikuti pelatihan UBR (Universal Birth Registration). Seperti diketahui, salah satu hak dasar anak adalah hak atas identitas yang diwujudkan dalam Akta Kelahiran.
Workshop yang diselenggarakan di Benteng Van der Wijk Gombong ini diikuti oleh tigapuluh anak, yang terdiri atas 50 persen pengurus KOMPAK dan sisanya adalah anak-anak dari berbagai wilayah di kabupaten Kebumen.
Pelatihan yang difasilitasi oleh Majlis SAKOBERE dan Plan PU Kebumen, menampilkan narasumber Ibu Naning Nurahmi, MM dari Kantor Catatan Sipil dan Registrasi Penduduk Kab. Kebumen, juga Drs. Adman, guru SMPN 1 Sempor yang telah berpengalaman membantu dan memfasilitasi sekitar 800 murid-muridnya mengurus akta kelahiran.
Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan UBR kerja bareng Majlis SAKOBERE dengan Plan PU Kebumen dalam rangka Pengarusutamaan Hak Anak dalam kerangka Pencatatan Kelahiran.
Program ini seolah bersinergi dengan surat Wakil Bupati Kebumen, K.H. Nashirudin Al Mansur yang 'memerintahkan' para Kepala UPT Dinas P dan K, Kepala SMP/MTS, dan Kepala SMA/MA/SMK, untuk mendata murid-muridnya yang belum memiliki akta kelahiran, dan memfasilitasi pengurusan akta kelahiran bagi murid yang belum memilikinya. Pelatihan menghasilkan rencana tindak lanjut (RTL) berupa kegiatan sosialisasi dan advokasi oleh anak untuk anak di beberapa sekolah yang akan diselenggarakan pada minggu berikutnya.

0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial