31 March 2009

Sampah ..Oh ... Sampah ...



Gombong - 31 Maret 2009.


Minggu ini mapel kimia kelas X mulai materi 'Pencemaran'. Murid-murid secara kelompok ditugasi untuk mengamati berbagai bentuk pencemaran di lingkungan sekolah. Menarik, murid-murid sangat peka terhadap lingkungannya. Itu terlihat ketika beberapa kelompok mulai presentasi.

Berdasarkan pengamatan, beberapa bagian lingkungan di sekolah kategori SKM ini masih terlihat kotor. Hal ini terlihat di bagian belakang kelas XI, pojok warung belakang kelas X-1, dan beberapa tempat lain. Sistem pembuangan sampah juga masih belum memilah antara sampah organik dan anorganik (plastik).

Juga ditemukan sampah-sampah yang dibuang di laci meja siswa, bercampur dengan buku-buku pelajaran, sandal jepit, kaos olahraga, topi, hingga mukena yang sengaja ditinggalkan dan tidak dibawa pulang ketika pelajaran usai.
Menurut beberapa siswa, hal itu (meninggalkan buku pelajaran dan barang lain di laci meja) dilakukan karena berat bila tiap hari harus membawa buku-buku, khususnya buku cetak.

Beberapa kelompok diskusi membuat usulan yang menarik, mulai dari program jum'at bersih, pembiasaan hidup sehat, membuang sampah pada tempatnya, hingga membuat 'reboisasi' sekolah.

0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial