15 June 2008

Komite Sekolah di Selogiri Tidak Memiliki AD dan ART

Suasana diskusi di pelatihan komite sekolah
SD Selogiri di Benteng Van der Wijck

Gombong - Lanthing
Dari empat Sekolah Dasar di desa Selogiri Kecamatan Karanggayam Kebumen, tidak ada satupun yang memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD dan ART). Kenyataan ini terungkap pada saat Pelatihan Komite Sekolah di Benteng Van der Wijck Gombong, Sabtu dan Minggu (14 s.d. 15 Juni 2008). Pelatihan Komite Sekolah dilaksanakan oleh Plan PU Kebumen dengan menghadirkan Wakil Ketua DPK Kebumen Drs. Agus Purwanto selaku fasilitator pelatihan. Seorang staf Plan PU Kebumen, David mengatakan "Komite Sekolah di Karanggayam, khususnya di Selogiri memang baru sebatas formalitas".

Bahkan salah seorang peserta pelatihan bernama Sakirun, tidak tahu bahwa dirinya termasuk anggota komite sekolah, "Tahunya ya setelah saya diberi surat untuk berangkat mengikuti pelatihan ini sehingga ya saya tidak tahu saya harus apa dan bagaimana" ungkap Sakirun lugu.

Pelatihan ini selain menghadirkan anggota komite sekolah, sebenarnya juga mengundang kepala sekolah dan guru, namun tidak dapat hadir karena tengah sibuk mengisi raport.

Sementara wakil ketua DPK, Drs. Agus Purwanto, yang mendampingi pelatihan selama dua hari tidak menampik kenyataan tentang rendahnya kinerja komite sekolah "Demikianlah faktanya. Itu menjadi tantangan kita semua untuk berupaya agar kinerja komite sekolah dapat semakin meningkat. Untuk itulah kami memberi apresiasi yang tinggi kepada Plan Kebumen, karena sebenarnya itu (pemberdayaan komite sekolah - Red) merupakan kewajiban negara" ujar Agus.

0 Comments:

 
©  free template by Blogspot tutorial